Joomla! 1.7; Cara Instan Membuat Website

Merancang dan membangun website tidaklah serumit yang dibayangkan. Banyak orang dengan berbagai latar belakang profesi berbeda, termasuk yang tidak tahu bahasa teknik pemrograman, bisa membuatnya. Salah satu media bantu adalah dengan software open source Joomla! Cukup tujuh langkah instan dan sedikit pengetahuan soal domain dan hosting, siapa pun bisa membangun fondasi website secara mandiri dan menghemat uang Anda.

Joomla adalah sistem manajemen konten (CMS)  yang paling populer di dunia open source. Seperti yang diklaim di joomla.org, ada 2,7 persen web di dunia berjalan di atas Joomla. Perangkat lunak ini digunakan oleh individu, usaha kecil & menengah, dan organisasi besar di seluruh dunia yang dengan mudah bisa dibuat & dibangun, termasuk untuk berbagai website dan web-aplikasi. Anda juga bisa membuktikan seberapa banyak pemerintahan di dunia yang membangun website dengan Joomla!, misalnya dengan mengintip situs joomlagov.info.

Bukti lain langsung dari hasil diskusi (tanya-jawab) dengan pembaca buku pertama saya, Panduan Praktis Membuat Website berbasis Joomla 1.5, baik melalui workshop, email, forum, chatting, ataupun langsung  kontak langsung melalui telepon. Bahkan, ada pula beberapa pembaca yang telah membuat toko online, selain itu ada pula sudah bisa mengembangkan menjadi jasa pembuatan website.

Nah, buku ini merupakan penyempurnaan dan update teknologi terbaru website ditambah dengan trik praktis modifikasi desain website menggunakan tool khusus yang dipakai para web designer dan web developer, SEO, dan dasar-dasar mengembangkan keahlian  menjadi pembuat website secara profesional.

Buku ini tidak sekadar memandu pembaca dalam membuat website, tetapi juga cara mengelola, memasarkan, dan merawat website, termasuk cara memanfaatkan dan menghubungkan konten website ke social media, seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Harapan lain, pembaca juga diajak untuk bisa mengembangkan keahliannya agar bisa bernilai ‘jual.’